Tips Catat Keuangan biar Cash Flow Nggak Berantakan

  • Home
  • Tips Catat Keuangan biar Cash Flow Nggak Berantakan
Tips Catat Keuangan biar Cash Flow Nggak Berantakan

Sumber Gambar : Freepik.com

Hi Mates! Kamu sering nggak sih kehabisan uang jajan padahal hari gajian masih lama? Atau mungkin, alokasi dana untuk investasi, menabung, bahkan untuk mengembangkan usaha hilang entah kemana? Nah, itu berarti saatnya kamu belajar untuk mulai membuat laporan keuangan! Eitss, jangan takut dulu, buat laporan keuangan nggak sesulit yang kamu bayangkan. Berikut mimin kasih tips sederhana untuk mencatat keuanganmu.

 

1. Catat Semua Pemasukkan dan Pengeluaran

 

Sumber Gambar : Freepik.com

 

Pertama, Catat pendapatan bersih dan rinci budget pengeluaran setiap bulannya. Buat dalam bentuk alokasi kategori seperti biaya untuk menabung, atau biaya untuk kebutuhan sehari-hari, kemudian buat lebih rinci dengan mengerucutkan tiap kategori. Misal biaya untuk kebutuhan sehari-hari menjadi biaya tempat tinggal, makan, transportasi, dll.

 

2. Evaluasi Pengeluaran Kamu

 

Sumber Gambar : Freepik.com

 

Luangkan waktu setiap hari atau mungkin 2 hari sekali untuk mencatat pengeluaran yang kamu lakukan untuk mengawasi pengeluaran kamu supaya tidak melebihi budget yang kamu buat. Kenapa harus mencatat setiap hari? Hal ini dilakukan untuk mencegah ada transaksi yang lupa tercatat. Jangan lupa untuk terus memantau sisa budget untuk belanja pada kategori tertentu ya. 

3. Rencanakan Keuangan dan Tentukan Target 

 

Sumber Gambar : Freepik.com

 

Setelah kamu mulai mencatat, kamu pasti sudah mulai memahami sejarah transaksi kamu. Disitu kamu sudah bisa merencanakan keuangan untuk bulan berikutnya, mana kira-kira alokasi yang perlu ditambah atau dikurangi. Kamu juga bisa mulai untuk menentukan target kamu kedepan, seperti misalnya memperbanyak investasi ataupun untuk mengembangkan bisnis.

4. Gunakan Tools yang Nyaman

 

Sumber Gambar : Freepik.com

 

Di era digital sekarang ini sudah banyak tools yang dapat membantu untuk mencatat keuanganmu. Selain menggunakan buku catatan,tools  seperti Google Spreadsheet, Microsoft Excel, bahkan aplikasi notes pun dapat membantu. Salah satunya adalah fitur Notes dari Hi App. Dengan begitu, kamu dapat mencatat pengeluaranmu kapanpun dan dimanapun tanpa khawatir lupa.

 

Nah! Sekarang kamu jadi tau mencatat keuangan nggak sesulit yang kamu bayangkan. Itulah beberapa tips dari mimin. Jangan lupa untuk mencatat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *